Cara Screenshot Samsung Paling Mudah

Cara screenshot samsung – Mengambil tangkapan layar pada samrtphone biasa kita sebut dengan screenshot atau screen capture. Tujuannya bisa bermacam-macam, bisa untuk menyimpan gambar yang kita dapat dari internet atau instagram, menjadikan percakapan whatsapp yang penting untuk disimpan dalam format gambar, untuk pamer skor tertinggi dalam sebuah game yang kemudian di share ke teman-teman media sosial, dan lain sebagainya.

Pada tutorial kali ini, kita akan fokus membahas cara screenshot smartphone android hanya merk samsung. Kenapa hanya samsung? Yang pertama adalah karena samsung ada metode yang unik untuk mengambil tangkapan layar yaitu dengan metode palm swipe yang mana teknologi tersebut saya belum menemukan di hape yang lain. Alasan yang kedua tentu saja adalah karena pengguna smartphone asal Korea Selatan ini merupakan “raja” pasar ponsel pintar di Indonesia dengan jumlah pengguna terbanyak. Seperti dilansir oleh tekno.kompas.com dimana samsung masih menjadi nomor satu dengan menguasai sekitar 32% dari total marketshare smartphone di Indonesia.

Bagi sebagian orang tentu masih bingung untuk mengambil screenshot pada smartphone samsung mereka. Ada 3 cara yang saya dapati dan semuanya mempunyai kelebihan masing-masing. Ketiga cara tersebut adalah screenshot menggunakan metode palm swipe, menggunakan metode kombinasi tombol, dan yang terakhir adalah screenshot menggunakan aplikasi android. Mari kita bahas satu per satu supaya menjadi jelas. Silakan setelah membaca artikel ini lalu dipraktekkan dan pilih cara yang paling sesuai dan nyaman menurut Anda.

Cara screenshot menggunakan Palm Swipe

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, palm swipe adalah cara unik untuk mengambil screenshot pada hape samsung. Namun sebelum dapat menggunakannya, kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan fiturnya melalui pengaturan. Langkah-langkah mengaktifkan fitur palm swipe adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke Pengaturan / Settings
  2. Pilih Motions and Gestures
  3. Pilih Palm swipe to capture
  4. Untuk mengaktifkannya, pastikan fitur tersebut dalam posisi On

Lalu bagaimana cara screenshot samsung menggunakan metode ini ? Lihat baik-baik animasi di bawah ini.

Jadi kita hanya mengusapkan tangan kita seperti pada animasi di atas maka tangkapan layar akan terbentuk. Awalnya mungin agak susah, tapi jika sudah terbiasa cara ini menjadi sangat mudah, simple, dan mengasyikkan. Dengan menggunakan cara ini, kamu dapat mengambil screenshot tanpa menekan tombol apapun. Hasil screenshot bisa kamu lihat di galeri.

 Cara screenshot menggunakan kombinasi tombol

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kombinasi tombol yaitu tombol Home dan Power. Sudah tahu kan letak kedua tombol tersebut ? Jika belum ini dia ilustrasinya.

cara screenshot samsung

Beberapa tipe juga ada tombol home yang di sebelah kanan dan volume di sebelah kiri seperti Samsung Galaxy S8 berikut ini

cara screenshot samsung s8

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan posisi layar smartphone adalah layar yang ingin kamu ambil screenshot-nya
  2. Tekan tombol home dan power secara bersamaan hingga terdengar suara seperti saat mengambil foto kamera dan ada kilat sebentar pada layar. Jika layar malah mati bisa jadi kamu memencet kombinasi tombol tersebut tidak bersamaan seperti tombol power mendahului tombol home.
  3. Jika berhasil, akan muncul notifikasi bahwa screenshot telah diambil dan kamu bisa klik notifikasi tersebut untuk melihat hasilnya.

Leave a Reply