Cara Menambah RAM Android

Cara Menambah RAM pada Android – Terkadang ada saat-saat dimana smartphone kita terasa begitu sangat lambat kinerjanya. Tampilan layar menjadi putus-putus dan nge-lag sehingga menjadi tidak nyaman ketika dilihat dan tentu saja hal ini sangat menjengkelkan. Kejadian seperti itu biasa terjadi saat kita memaksakan bermain game yang diluar batas kemampuan spesifikasi dari handphone kita. Atau kita menjalankan aplikasi lain yang termasuk dalam kategori berat dan menonton video HD. Terkadang hape menjadi force closed dikarenakan tidak kuat dalam menjalankan aplikasi tertentu.

Bisa jadi hape kita nge-lag juga dikarenakan kita sudah terlalu banyak menginstall aplikasi yang menyebabkan banyak aplikasi berjalan di background sistem. Hal ini akan menyebabkan kapasitas RAM menjadi terkuras dan menjadikan smartphone tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Lalu, apa sih RAM itu? Sedikit pengetahuan saja bagi yang belum tahu. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang merupakan memori sementara yang digunakan oleh gadget sebagai memori random yang sifatnya tidak permanen untuk menjalankan sebuah aplikasi. Berbeda dengan SD Card atau harddisk yang mana perangkat tersebut adalah untuk menyimpan memori yang sifatnya adalah permanen yang akan hilang jika kita menghapusnya. Tidak hanya smartphone, komputer atau laptop juga menggunakan RAM sebagai perangkat keras yang wajib ada pada hardware.

Dengan terbatasnya RAM yang ada pada smartphone android kita, kita harus bijak dalam memilih aplikasi yang benar-benar lancar dijalankan pada hape kita. Namun, jika memang kita sangat butuh menjalankan aplikasi tersebut, kita bisa untuk menambah RAM android dengan cara ganti “jeroan” RAM tersebut dengan kapasitas yang lebih besar. Namun, hal tersebut sangatlah beresiko. Karena jika salah bisa menyebabkan smartphone menjadi mati total.

Tindakan lain yang bisa dilakukan untuk cara menambah RAM android adalah dengan membeli smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih bagus, dengan kapasitas RAM yang tentunya lebih besar. Cara tersebut sangat cocok jika kamu punya budget yang besar karena sudah tidak perlu mikir ribet lagi.

Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander

Ada cara lain yang lebih “halus” untuk menambah kapasitas RAM android yaitu dengan menggunakan aplikasi RAM Expander. Cara yang akan saya tulis ini menggunakan aplikasi yang harus melakukan root terlebih dahulu. Sudah tahu dong kalau root itu bisa merusak garansi hape, jadi sebaiknya jika kamu memang tidak ahli dalam dunia smartphone android sebaiknya tidak usah melakukan root.

Sistem kerja dari aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan memori pada SD Card untuk digunakan sebagian sebagai memori RAM. Jadi lebih jelasnya cara ini adalah dengan cara menambah kapasitas RAM android dengan memori eksternal yang terpasang pada hape kita.

SD Card yang dipakai sebagai memori tambahan sebaiknya adalah SD Card dengan minimum class 6 dengan kecepatan maksimal 6MB/ detik. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih SD Card dengan class 10 karena mempunyai kecepatan 10 MB/detik.

Berikut ini saya rangkum kebutuhan sebelum menambah RAM android :

  • Smartphone dengan root permission
  • SD Card dengan minimum class 6, rekomendasi class 10
  • ROM wajib mendukung kernel SWAP

Langkah-langkah menambah RAM android root

  1. Install aplikasi ROEHSOFT RAM Expander (SWAP). Cari saja di playstore nanti akan langsung ketemu.
  2. Buka aplikasi yang sudah terinstall, berikan akses root. Pilih SD Card direktori yang akan dibuat sebagai RAM tambahan
  3. Kemudian isi berapa kapasitas MB yang akan digunakan sebagai memori tambahan RAM dengan adjust slider. Jika nilainya di set 500MB artinya akan ada tambahan kapasitas RAM sebesar 500 MB dari SD Card. Jika bingung menentukan nilai ini, klik saja Optimal Value. Nantinya aplikasi akan otomatis mengatur nilai optimal yang akan dijadikan sebagai RAM. menambah ram android dengan ram expander 1
  4. Jika sudah selesai dengan pengaturan, klik Swap Active. Proses ini akan butuh waktu yang cukup lama karena sistem sedang mengkonfigurasi ulang memori. Jadi jangan tutup aplikasi ini, tunggu saja dengan santai. Jika ditutup bisa jadi terjadi kerusakan pada memori dan hape menjadi lag atau nge-hang. menambah ram android dengan ram expander 2
  5. Setelah proses selesai, kamu baru dapat menutup aplikasi ini. Jangan lupa untuk cek AutoRun dalam kondisi tercentang supaya kamu tidak perlu melakukan konfigurasi ulang.

Sekian artikel tentang cara menambah RAM pada android ini menggunakan aplikasi RAM Expander. Baca juga artikel emulator android paling ringan yang dapat digunakan untuk menjalankan OS Android pada komputer. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan / share melalui tombol sosial media disamping. Sebarkan satu ilmu dan hidupmu menjadi lebih bermakna.

Leave a Reply