Cara Mengetahui Shio Kita

Cara mengetahui shio kita – Setiap akan pergantian tahun kalender china banyak yang mencari tahu shio dan unsur apakah di tahun depan? Pengertian dari shio sendiri adalah warisan kebudayaan Tionghoa   berupa zodiak yang dilambangkan oleh hewan sejumlah 12 dan terdapat 5 unsur. Dengan demikian secara kombinasi ada 60 macam (12×5) yang terdiri dari hewan dan unsurnya.

Shio sejumlah 12 hewan tersebut terdiri dari babi, anjing, ayam, monyet, kambing, kuda, ular, naga, kelinci, macan, kerbau, dan tikus. Kemudian 5 unsur tersebut terdiri dari kayu, tanah, air, api, dan logam. Untuk lebih lanjut mengenai shio bisa mengikuti link dari wikipedia berikut ini https://id.wikipedia.org/wiki/Shio.

Nah, pada artikel kali ini Cara Terselubung akan share cara mengetahui shio hewan dan unsurnya berdasarkan tahun kelahiran. Perlu dicatat bahwa permulaan tahun masehi tidak berbarengan dengan tahun imlek, biasanya jatuh pada akhir januari atau pertengahan februari. Jadi jika bulan kelahiran Anda adalah di bulan januari, maka tahunnya masih menggunakan tahun sebelumnya karena belum berganti tahun imlek.

Cara Menghitung Hewan Shio

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pada perhitungan shio ada hewan dan ada juga unsur. Pertama mari kita hitung terlebih dahulu shio hewan apakah kita.

cara mengetahui shio hewan

Perhitungannya adalah sisa pembagian dari tahun kelahiran dikurangi 4 lalu dibagi 12. Yang masih bingung berikut adalah langkah-langkahnya, anggap saja kita akan mencari shio tahun 2018.

    1. Kurangi angka tahun dengan 4 (2018 – 4 = 2014)
    2. 2014 dibagi 12 (2014 : 12 )
    3. Hasilnya adalah 167 dan sisa pembagiannya adalah 10.
    4. Selanjutnya sisa pembagian ini kita cocokkan dengan tabel di bawah ini.

Shio hewan

0. Tikus
1. Kerbau
2. Macan
3. Kelinci
4. Naga
5. Ular
6. Kuda
7. Kambing
8. Monyet
9. Ayam
10. Anjing
11. Babi

Jadi, tahun 2018 adalah tahun Anjing.

Cara Menghitung Unsur Shio

Perhitungannya hampir sama dengan yang di atas, cuma berbeda pada rumus pembaginya saja. Rumus unsur shio adalah kurangi angka tahun dengan 4, dan kita akan mendapatkan sisa pembagiannya. Kemudian sisa pembagian tersebut dibagi 2. Berikut adalah langkah-langkah disertai contoh supaya lebih mudah dipahami. Masih sama kita mengambil contoh tahun 2018.

    1. Kurangi angka tahun dengan 4. 2018 – 4 = 2014
    2. Bagi sisa angka tahunnya dengan 10. Jadi 2014 : 10 = 201 sisa 4
    3. Sisa hasil pembagian tadi dibagi 2 sehingga 4 : 2 = 2. Jika hasilnya adalah koma setengah, ambil angka di depannya saja (tanpa koma)
    4. Cocokkan angka tersebut dengan tabel unsur berikut

Shio unsur

0. Kayu
1. Api
2. Tanah
3. Logam
4. Air

Jadi, tahun 2018 adalah shio Anjing Tanah.

Untuk memudahkan perhitungan tersebut, Cara Terselubung sudah menyediakan file excel yang berisi rumus perhitungan shio, jadi Anda tinggal masukkan tahunnya saja maka hasilnya sudah dapat diketahui. Download file excelnya di bawah ini. Password untuk membuka file excelnya adalah caraterselubung.com

 

Leave a Reply