Cara Menggunakan Rufus Untuk Bootable Flashdisk

Cara menggunakan rufus – Ingin membuat bootable flashdisk? Gunakan lah Rufus. Aplikasi ini berukuran sangat kecil, tidak sampai 1 MB namun fungsinya tak main-main. Aplikasi ringan ini sangat powerful untuk membuat bootable flashdisk yang dapat berisi sistem operasi, baik itu windows maupun linux. Dan yang lebih bagusnya lagi, aplikasi ini tidak berbayar alias gratis dengan lisensi GNU GPL versi 3. Selain itu aplikasi ini sifatnya portable, sehingga kita tidak perlu install Rufus.

Sekarang ini rasanya memang sudah jarang yang menggunakan CD atau DVD untuk menginstall sistem operasi Windows pada komputer. Alasannya tentu saja paling umum kita temui adalah tidak adanya perangkat optical drive pada perangkat laptop seperti netbook maupun ultrabook. Dengan menggunakan USB flashdisk sebagai perangkat bootable juga lebih cepat dibandingkan menggunakan media CD/DVD.

Menurut website resmi Rufus, aplikasi ini dikatakan mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan aplikasi sejenis seperti UnetBootin, Universal USB Installer, Windows 7 USB Download Tool, WintoBootic, dan RMPrepUSB dalam membuat instalasi drive melalui file ISO. Berikut ini adalah perbandingan waktu saat membuat USB bootable Windows 7 x64.

perbandingan waktu rufus

Aplikasi ini bersifat gratis dan boleh untuk didistribusikan, dimodifikasi, dan bahkan dijual sekalipun. Dalam website resminya juga disediakan source code aplikasi sehingga para developer dapat mengotak-atik isi didalamnya dan bisa membuat pengembangan software sejenis ke depannya sehingga lebih baik.

Langkah-langkah menggunakan Rufus

Saatnya kita menuju langkah-langkah cara menggunakan rufus. Dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut, mari kita bahas langkah demi langkah. Namun sebelum melangkah lebih lanjut, karena tujuan tutorial ini adalah membuat USB flashdisk bootable untuk Windows, maka siapkan dahulu copy master Windows dalam bentuk ISO. Kamu bisa membuat file ISO dengan bantuan software seperti Daemon, CDBurnerXP, ImgBurn, dan lain sebagainya. Silakan menggunakan software favorit kamu, jika belum punya silakan googling, banyak kok versi gratisnya.

  1. Download aplikasinya melalui website resmi di alamat berikut https://rufus.akeo.ie/.
  2. Tancapkan USB flashdisk ke laptop atau PC yang ingin dijadikan sebagai bootable USB. Pastikan sudah tidak ada file di dalam flashdisk tersebut karena nanti data akan terformat semua.
  3. Jalankan aplikasi Rufus, flashdisk yang telah dicolokkan tadi akan terdeteksi secara otomatis, baik label USB, dimana letak drive, dan kapasitas simpannya.cara menggunakan rufus
  4. Pastikan bagian “Create a bootable using flashdisk” sudah di centang. Pada pilihan dropdown di sampingnya tersebut, pilih ISO image. create bootable disk
  5. Klik tombol berbentuk CD Drive lalu cari file ISO yang ingin kamu jadikan bootable flashdisk. Jika sudah ketemu file ISO yang dimaksud, klik lalu klik Open pilih file iso
  6. Kamu bisa mengubah nama flashdisk yang tertera pada My Computer nantinya dengan cara ubah New Volume Label
  7. Jika sudah yakin langkah demi langkahnya sudah benar, bisa langsung klik Start untuk memulai pembuatan USB bootable menggunakan Rufus.
  8. Akan ada peringatan bahwa USB flash disk akan terformat atau dihapus. Pastikan data yang kamu miliki sudah ada backupnya.
  9. Tunggu hingga progress bar yang berwarna hijaui sudah komplit, akan ada informasi di bawah progress yang menandakan jika proses sudah selesai. Biasanya proses memakan waktu kurang lebih 10 menit tergantung dari ukuran file ISO.
  10. Jika sudah selesai silakan di Close saja aplikasinya.

Begitulah tadi cara menggunakan rufus yang bisa saya jelaskan sesuai pengalaman saya. Selamat mencoba membuat bootable USB flashdisk Windows.

2 Comments

  1. rizki satria
    • Febri

Leave a Reply