Cara Mengubah Background Foto Merah / Biru

Cara Mengubah Background Foto Merah / Biru – Pas foto merupakan sebuah foto standard yang biasanya digunakan untuk keperluan administrasi, bisa berupa foto ijazah, mengurus administrasi kependudukan, melamar kerja, dan lain sebagainya. Di Indonesia beberapa ukuran standard yang digunakan adalah 2×3 cm, 3×4 cm, dan 4×6 cm.

Pas foto pada umumnya mempunyai latar belakang (background) berwarna merah atau biru. Biasanya background warna ini digunakan sebagai gambar pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, tidak hanya di KTP, biasanya instansi lain pun juga meminta hal yang sama. Background pas foto merah menandakan bahwa pemiliknya lahir pada tahun ganjil, sedangkan latar belakang berwarna biru mempunyai arti kelahiran pada tahun genap. Jadi, jika kamu lahir pada tahun 2000, jangan lupa background pas foto kamu diatur berwarna biru, sedangkan kamu yang lahir tahun 2001 maka latar belakang fotomu adalah merah.

Nah, yang jadi masalah adalah terkadang ketika kita foto di studio saat pengambilan pas foto kita tidak memikirkan warna background yang sesuai. Biasanya memang kita tidak pernah memperhatikan warna apa yang sesuai dengan tahun kelahiran kita. Atau yang paling parah kita tidak tahu jika ternyata warna latar belakang menyesuaikan dengan tahun kelahiran. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Cara Terselubung akan berbagi cara mengubah background pas foto menjadi background merah atau background biru.

Langkah-langkah mengubah background merah / biru

Tutorial ini saya buat menggunakan Adobe Photoshop CC 2014 dengan komputer Windows 10, jika yang menggunakan versi lain silakan untuk menyesuaikan, prinsipnya sebenarnya sama saja. Yuk simak langkahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop yang Anda miliki
  2. Saya anggap kamu sudah mempunyai pas foto yang ingin diubah backgroundnya. Untuk membukanya klik File – Open, pada contoh kali ini saya menggunakan fotonya Kang Sule waktu masih muda πŸ˜€ pas foto
  3. Setelah terbuka, klik Lasso tool – Poligonal lasso tool poligonal lasso tool
  4. Kemudian seleksi background secara hati-hati dengan cara klik kiri mouse berkali-kali mengikuti batas ditandai dengan adanya garis tipis putus-putus. Pada langkah ini dibutuhkan kesabaran dan ketelitian supaya hasilnya menjadi bagus. Untuk lebih mudah dalam melakukan seleksi, perbesar gambar dengan cara tekan Ctrl + (+). Untuk menggeser gambar pada saat posisi zoom maupun normal adalah dengan cara tahan tombol spasi lalu muncul simbol tangan lalu geser dengan drag klik kiri pada mouse.
  5. Hasil seleksi yang sudah jadi contohnya seperti di bawah ini, maaf kalau kurang rapi πŸ˜€ hasil seleksi poligonal
  6. Setelah semua background terseleksi, Untuk memperhalus hasil seleksi klik select – modify – smoothΒ 
  7. Ubah nilainya menjadi 1.
  8. Perhalus lagi dengan cara select – modify – featherΒ 
  9. Ubah nilainya menjadi 1 juga.
  10. Klik Delete pada keyboard untuk menghapus background hasil seleksi. Akan muncul jendela baru, pilih color lalu akan muncul pallete warna, ketikkan db1514 pada kotak isian warna untuk warna mengubah menjadi background merah. Sedangkan untuk background biru, ketik 0b00a3.
  11. Setelah background berubah menjadi merah atau biru, untuk menghilangkan seleksi warna klik Ctrl + D
  12. Selanjutnya tinggal Simpan foto Anda. Selesai. Ini dia hasilnya untuk foto kang sule dengan background merah background merah

Itulah tadi langkah-langkah untuk mengubah background pas foto Anda menjadi warna merah atau biru. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika masih kurang jelas dengan langkah-langkah di atas, yuk jangan malu untuk bertanya melalu kolom komentar di bawah. InsyaAllah saya bantu. Terima kasih telah berkunjung.

Leave a Reply