Cara Print Bolak-balik Ternyata Mudah

Cara print bolak-balik dengan mudah – Apakah kamu termasuk orang yang sering mencetak dokumen dalam jumlah banyak? Pernahkah membayangkan berapa jumlah kertas yang telah digunakan untuk keperluan mencetak dokumen tersebut?

Kadangkala sebuah dokumen memang diharuskan untuk satu lembar hanya satu halaman seperti skripsi, thesis, laporan karya ilmiah, dan sebagainya. Namun jika dokumen yang ingin kita cetak memperbolehkan untuk print secara bolak-balik, sehingga dalam satu lembar kertas bisa kita print untuk kedua sisinya mengapa tidak? Selain kebutuhan kertas menjadi lebih hemat dan tidak menguras kantong, kita juga turut serta lho dalam melestarikan lingkungan. Bahkan katanya untuk membuat 1 rim kertas dibutuhkan 1 batang pohon pinus yang umurnya lebih dari 5 tahun.

Oleh karena itu, jika kita dapat menghemat 1 rim kertas saja setiap hari, maka kita sudah menyelematkan 365 batang pohon dalam setahun. Luar biasa bukan penghematannya? Mari kita sayangi bumi kita tercinta ini.

Kembali ke topik cara print bolak-balik, secara default atau settingan awal pabrikan printer, kita hanya bisa mencetak dokumen dengan hanya satu muka saja dengan nomor halaman yang berbeda di tiap lembarnya. Untuk melakukan print bolak-balik, cara orang awam adalah dengan memasukkan nomor halaman secara ganjil (hal 1,3,5,dst) hingga proses mencetak selesai. Selanjutnya adalah masukkan kertas kembali lalu print dengan memasukkan nomor halaman genap (hal 2,4,6,dst).

Baca juga : cara update driver VGA

Cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika jumlah halaman tidak banyak, namun bagaimana jika jumlah printnya lebih dari 50 halaman atau bahkan 100 halaman lebih? Tentu saja cara tersebut sangat lah tidak efisien. Sebenarnya ada cara terselubung dimana kebanyakan dari kita belum tahu ada fitur bawaan dalam printer dimana kita bisa print secara bolak-balik. Jadi kita tidak perlu memasukkan nomor halaman ganjil dan genap yang akan dicetak, semua sudah ditangani secara otomatis. Jadi nantinya kita sudah bisa print layaknya sebuah buku yang halamannya ada di kedua sisi kertas.

Langkah-langkah print bolak-balik secara otomatis

  1. Buka dahulu dokumen yang kamu cetak,bisa melalui Microsoft Word atau aplikasi sejenis. Saya menganggap bahwa kamu sudah mempunyai dokumen siap cetak.
  2. Klik Ctrl+P atau Print
  3. Klik Properties, pada tutorial ini saya menggunakan printer merk Canon.
  4. Masuk ke Page Setup. Klik (centang) opsi Duplex Printing. Centang juga Automatic yang ada di bawahnya supaya nanti bisa otomatis print bolak-balik. Selain itu atur juga kertas yang ingin kamu gunakan. cara print bolak balik
  5. Klik OK lalu Print. Di sini kamu hanya perlu memasukkan kertas sejumlah halaman yang ingin dicetak kemudian bagi 2. Jadi jika print 100 halaman kita hanya perlu menyediakan 50 kertas.
  6. Proses printing secara otomatis akan mencetak halaman ganjil terlebih dahulu. Setelah semua selesai, masukkan kembali kertas hasil print tadi ke dalam printer sesuai petunjuk yang ada. Sudah ada ilustrasi dari printernya kok. Hati-hati ya jangan sampai kebalik.

Sampai di sini kamu seharusnya sudah bisa untuk cetak bolak-balik dengan benar. Untuk merk printer yang lain, cari saja menu duplex printing atau double side printing. Jika masih belum berhasil coba untuk dibaca pelan-pelan dengan mengikuti panduan di atas. Semoga sukses.

Leave a Reply