Niat Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Sekeluarga

Doa zakat fitrah untuk diri sendiri dan sekeluarga – Salah satu rukun islam adalah zakat sehingga semua muslim di seluruh dunia harus melaksanakannya. Zakat fitrah merupakan ibadah wajib yang waktunya ditetapkan dari awal bulan romadhon hingga sebelum solat idul fitri. Jika melebihi waktu yang telah ditentukan tersebut maka bisa dinamakan dengan sodaqoh biasa. Biasanya di daerah saya takmir masjid sudah mengumumkan dan mulai mengumpulkan zakat fitrah 3 hari sebelum lebaran hingga malam takbiran.

Setiap amal ibadah harus disertai dengan niat. Menurut kitab Safiinatunnajah karya Imam Nawawi, yang dimaksud niat adalah menyengaja melakukan sesuatu yang dibarengi dengan melakukan hal tersebut. Tempatnya niat adalah di dalam hati, sedangkan melafazkan niat hukumnya adalah sunnah. Dengan mengucapkan niat atau melafazkannya akan membantu seseorang untuk menegaskan niat tersebut.

Dalam mengeluarkan zakat fitrah, sering kali kita sebagai anggota keluarga dalam satu rumah mengeluarkan zakat sekalian dengan anggota keluarga yang lain. Misalnya seorang ayah mengeluarkan zakat sekalian untuk istri dan anak-anaknya, atau seorang kakak yang mengeluarkan zakat untuk kedua orang tuanya dan adik-adiknya.

Nah berikut ini adalah beberapa niat doa zakat fitrah untuk pribadi diri sendiri maupun untuk anggota sekeluarga.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

doa zakat fitrah diri sendiri

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

doa zakat fitrah istri

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

doa zakat fitrah anak laki-laki

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

doa zakat fitrah anak perempuan

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

doa zakat fitrah sekeluarga

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

doa zakat fitrah wakil

sumber : http://www.nu.or.id

Leave a Reply