Panduan Cara Mengisi Pulsa Listrik

Panduan cara mengisi pulsa listrik – Saat ini rasanya kita sudah terlalu ketergantungan pada listrik. Lihat saja barang-barang di sekitar rumah kita, hampir semuanya menggunakan energi listrik untuk menghidupkan atau menggerakkannya. Mulai dari kipas angin, kulkas, magiccom, televisi, smartphone, dan masih banyak lagi lainnya.

PLN sebagai badan usaha milik negara yang mengurusi masalah listrik di negeri ini saat ini sedang gencar-gencarnya untuk mengubah layanan listrik dari pascabayar menjadi prabayar. Bahkan saat ini untuk sambungan baru sudah tidak diperkenankan untuk pasang dengan sistem pascabayar. Dengan menggunakan metode prabayar, PLN akan menghemat banyak sekali ongkos untuk karyawan karena sudah tidak perlu lagi ada petugas keliling yang mencatat nomor meteran di setiap rumah dan keliling dari desa ke desa lainnya.

Listrik prabayar oleh PLN dinamakan juga listrik pintar dimana kita sebagai konsumen harus pintar untuk mengelola kebutuhan listrik di rumah kita karena kita akan dibatasi oleh stroom pulsa yang tersisa pada meteran listrik. Dengan penggunaan metode pulsa ini diharapkan konsumen lebih peka terhadap penggunaan listrik di rumah karena konsumsi kWh akan langsung terlihat pada meteran. Kalau saya sih hampir tiap hari melihat sudah pada posisi berapa angka kWh listrik untuk memantau bagaimana penggunaan listrik di rumah. Berbeda dengan dulu ketika masih menggunakan sistem pascabayar, tidak ada yang mengontrol pemakaian alat listrik di rumah jadi tahunya tiba-tiba saja tagihan listrik menjadi bengkak.

Baca juga : cara menghubungi PLN

Nah, bagi Anda yang baru menggunakan sistem pulsa listrik ini, pada artikel ini akan kami share panduan cara mengisi pulsa listrik atau token PLN ke dalam meteran listrik.

Cara mengisi token PLN ke meteran

  1. Siapkan nomor token PLN yang sudah Anda beli, biasanya terdiri dari 20 digit nomor
  2. Menuju ke meteran listrik di rumah Anda, langsung saja masukkan kode token ke meteran dengan cara menekan tombol sesuai angka token. cara mengisi pulsa listrik 1
  3. Cek sekali lagi dengan angka yang sudah Anda masukkan, jika sudah yakin akhiri dengan menekan tombol “ENTER” (⏎)
  4. Apabila dilayar muncul tulisan BENAR / ACCEPT artinya kWh sudah ditambahkan ke meter Namun jika muncul tulisan SALAH / REJECT itu artinya kode token yang Anda masukkan salah cara mengisi pulsa listrik 2
  5. Untuk mengulangi atau membuat koreksi pada token, tekan “Backspace” () untuk menghapus kesalahan dan koreksi dengan nomor yang benar.
  6. Jika sudah diperbaiki, tekan “ENTER” (⏎) dan tunggu hingga muncul tulisan BENAR / ACCEPT

Leave a Reply