Rumus Rubik Mudah (Gratis eBook) !

Rumus rubik – Rubik adalah salah satu permainan sederhana yang dapat mengasah otak kita. Permainan ini diciptakan oleh seorang profesor di bidang arsitek sekaligus seorang pemahat handal yang berasal dari Hungaria yang bernama Erno Rubik. Rubik diciptakan pada tahun 1974 dan masih populer hingga kini. Kesulitan dan kerumitannya lah yang membuat sebagian orang awam masih bertanya-tanya bagaimana cara menyelesaikan rubik  3×3, ukuran rubik yang paling banyak kita temui.

Sebenarnya rubik tidak hanya 3×3 saja, tapi masih banyak jenisnya seperti rubik 2×2, rubik 4×4, rubik 5×5, rubik segitiga, rubik fisher, dan lain sebagainya. Menyelesaikan permainan ini sebenarnya adalah tugas yang cukup sulit, dan sebagian orang tidak sabar untuk menyelesaikannya. Namun, dibalik kesulitannya, toh masih banyak orang yang kecanduan bermain rubik. Dan selama kurang lebih 40 tahun ini semenjak rubik ditemukan, diperkirakan sebanyak 350 juta unik sudah terjual di seluruh dunia. Bahkan terdapat kompetisi untuk menyelesaikan rubik ini dengan waktu yang tercepat.

Kali ini kita akan mencoba untuk menyelesaikan rubik dengan ukuran 3×3 dimana ukuran tersebut adalah ukuran rubik yang paling populer. Rumus rubik berikut ini semoga dapat dipahami oleh pemula. Yuk mari kita mulai.

Tahap 1 – Pengenalan notasi

Sebelum melangkah lebih lanjut ada beberapa rumus gerakan dasar yang harus kamu pahami dan hafalkan supaya lebih mudah nantinya.

  • R, Right face, yaitu putar sisi kanan searah jarum jam
  • Ri, Right face inverted, yaitu putar sisi kanan berlawanan jarum jam
  • L, Left face, yaitu putar sisi kiri searah jarum jam
  • Li, Left face inverted, yaitu putar sisi kiri berlawanan jarum jam
  • U, Up face, yaitu putar sisi atas searah jarum jam
  • Ui, Up face inverted, yaitu putar sisi atas berlawanan jarum jam
  • D, Down face, yaitu putar sisi bawah searah jarum jam
  • Di, Down face inverted, yaitu putar sisi bawah berlawanan jarum jam
  • F, Front face, yaitu putar sisi depan searah jarum jam
  • Fi, Front face inverted, yaitu putar sisi depan berlawanan jarum jam
  • B, Back face, yaitu putar sisi belakang searah jarum jam
  • Bi, Back face inverted, yaitu putar sisi belakang berlawanan jarum jam

rumus rubik 1

Gimana sobat? Baru segini udah bingung belum? Biar lebih jelas nih kita kasih gambarnya biar lebih mudah dipahami. Ini notasi sangat dasar dari rumus rubik, jadi tahap awal ini harus benar-benar paham ya.

Tahap 2 – Selesaikan warna putih menyilang

Tahap kedua ini kamu harus menyelesaikan rubik dengan bentuk seperti gambar di bawah ini.

rumus rubik 2

Caranya adalah posisikan warna putih yang tengah tetap berada pada sisi atas. Lalu putar masing-masing sisi dengan menyamakan sisi putih dengan warna kaki-kakinya. Di sini belum ada rumus tertentu, gunakan logikamu sendiri ya. Mudah kok.

Selanjutnya akan menjadi lebih rumit dan kompleks terkait rumus dan beberapa kondisi yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, untuk tahap selanjutnya dalam menyeleseaikan rubik ini, silakan download ebook di bawah ini ya.


Terima kasih telah berkunjung ke blog Cara Terselubung.

Leave a Reply